pancasila berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki dua macam arti secara leksikal yaitu panca yang artinya lima dan sila yang artinya batu sendi atau alas atau dasar
Secara historis :
a. Mr.Muhamad Yamin pada sidang BPUPKI ( 29 Mei 1945 )
padatonya yang berisi lima dasar negara Indonesia :
- Peri Kebangsaan
- Peri kemanuasiaan
- Peri Ketuhanan
- Peri Kerakyatan
- Kesejahteraan Rakyat
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- Kebangsaan Persatuan Indonesia
- Rasa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pertmusyawaratan / perwakilan
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
- Nasionalisme atau kebangsaan Indonesia
- Internasionalisme atau peri kemanusiaan
- Mufakat atau demokrasi
- Kesejahteraan sosial
- Ketuhanan yang berkebudayaan
- Sosio nasional, yaitu nasionalisme dan internasionalisme
- Sosio demokrasi, yaitu demokrasi dengan kesejahteraan rakyat
- Ketuhanan Yang Maha Esa
c. Piagam Jakarta ( 22 Juni 1945 )
- Ketuhana dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk - pemeluknya
- Kemanusiaan yang adil dan beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarata / perwakilan
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Secara Terminologis :
- Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( PPKI )
- Ketuhana Yang Maha Esa
- Kemanusiaan Yang Adil dan beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang dipinpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan
- keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
2. Dalam konstitusi RIS
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- Peri kemanusiaan
- Kebangsaan
- Kedaulatan rakyat
- Keadilan sosial
Pak ini tugas nya (Atikah)
BalasHapusNama : Atikah
BalasHapusNim : -
Semestrr : IV (Empat)
No
Nama Fungsi
Uraian Fungsi
Keterangan
1
Fungsi Atensi
Fungsi atensimedia memiliki inti untuk menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang ditampilkan Azhar Arsyad, 2013
Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, maka diharapkan siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga materi pelajaran mudah diterima dan konsenrasi siswa akan lebih terarah dengan baik.
2
Fungsi Afektif
Fungsi afektif padamedia dapat terlihat dari tingkat kesenangan siswa ketika mempelajari suatu materi. Gambar atau lambang yang terdapat dalam suatu materi dapat menggugah emosi dan sikap siswa Azhar Arsyad, 2013
Media pembelajaran yang dilengkapi gambar yang menarik tentu akan menambah minat siswa dalam mempelajari suatu materi. Gambar yang menarik akan membuat siswa ingin mengetahui lebih rinci mengenai penjelasan yang terdapat di dalam gambar tersebut.
3
Fungsi Kognitif
Fungsi kognitif padamedia pembelajaran terlihat dari temuan-temuan penelitian mengungkapkan bahwa suatu gambar dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar Azhar Arsyad, 2013
Penggunaan suatu media yang tepat dengan melampirkan gambar yang baik dan jelas akan mempermudah siswa dalam mengingat dan memahami informasi atau materi yang disampaikan.
4
Fungsi Kompensatoris
Fungsi kompensatoris padamedia pengajaran terlihat dari hasil penelitian yang mengemukakan bahwa media memberikan konteks untuk membantu siswa yang lemah dalam membaca sehingga dapat mengorganisasikan informasi yang terdapat pada teks dan mengingatnya kembali Azhar Arsyad, 2013
Penyampaian materi dengan melampirkan gambar pada media pembelajaran dapat mengurangi verbalitas yang ada pada suatu materi pembelajaran, sehingga hal tersebut dapat membantu siswa yang kesulitan dalam menerima pelajaran secara verbal dengan menggunakan bantuan gambar atau lambang.